Apa itu Asuransi Jiwa dan Seberapa Penting Anda Memilikinya?


Apa itu Asuransi Jiwa dan Seberapa Penting Anda Memilikinya?

Asuransi jiwa adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan terhadap risiko kerugian finansial atau kehilangan sumber pendapatan akibat meninggalnya salah satu anggota keluarga. Biasanya, anggota keluarga yang meninggal ini menjadi tulang punggung keluarga atau sumber pendapatan di keluarga. Dengan meninggalnya orang tersebut, kondisi keuangan keluarga akan goyah atau bahkan hilang sama sekali.

Itulah alasan kenapa asuransi jiwa seharusnya dimiliki oleh Anda, terutama yang menjadi tulang punggung keluarga dan satu-satunya sumber penghasilan di dalam keluarga. Setiap orang pasti akan meninggal, tapi tidak ada yang tahu kapan waktunya tiba. Karena itulah, Anda lebih baik mempersiapkan semuanya dari awal daripada keluarga Anda susah karena kehilangan orang yang menjadi tulang punggung keluarga.

Asuransi jiwa memberikan perlindungan terhadap risiko kematian tersebut. Tujuannya adalah untuk menjamin finansial anggota yang ditinggalkan. Dengan memiliki asuransi ini, anak-anak Anda tetap bisa melanjutkan sekolah, pasangan Anda tetap bisa belanja bulanan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, dan kehidupan anggota keluarga harus tetap bisa berjalan sama baiknya seperti ketika Anda masih hidup.

Memiliki asuransi ini memang sepenting itu, namun masih banyak orang yang belum menyadari akan pentingnya memiliki asuransi. Jadi, sebenarnya seberapa pentingkah memiliki asuransi jiwa itu? Berikut ulasannya.

1. Berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk

Memiliki asuransi pada prinsipnya adalah berjaga-jaga dari kemungkinan terburuk. Tidak ada yang bisa menjamin hidup Anda akan selalu berada di atas, kecukupan secara finansial, dan Anda selalu dalam kondisi sehat. Akan ada masanya Anda harus berada di titik terendah dalam hidup Anda, untuk itulah Anda memerlukan perlindungan atau jaminan karena pihak asuransi akan menjawab kebutuhan Anda tersebut.

2. Setiap orang pasti akan mati

Kematian adalah hal yang pasti. Sayangnya, tidak ada satupun orang yang tahu kapan kematian akan menjemputnya karena itu Anda perlu mempersiapkan diri untuk menghadapi kematian. Tidak hanya hidup yang membutuhkan biaya, mati juga masih butuh uang untuk mengurus segalanya. Mulai dari mengurus pemakaman hingga membayar utang yang mungkin masih Anda tinggalkan. Terlebih, jika Anda menjadi sumber nafkah utama dalam keluarga. Jika Anda tidak memiliki asuransi, siapa lagi yang akan membayar segala keperluan tersebut?

3. Memastikan keluarga Anda dalam kondisi baik

Tidak sedikit anak yang putus sekolah setelah orang tuanya meninggal. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi kepada keluarga Anda. Anak Anda harus tetap bisa sekolah walaupun tanpa Anda. Istri Anda harus tetap bisa mencukupi kebutuhan rumah tangga walaupun tanpa Anda. Semuanya tidak berhenti ketika Anda pergi, kehidupan masih terus berjalan walaupun Anda tidak lagi ada di dunia ini.

Untuk memastikan keluarga Anda masih bisa menjalani kehidupannya dengan baik, Anda perlu memiliki jaminan perlindungan untuk hal tersebut. Asuransi jiwa adalah pilihan yang tepat. Asuransi ini memastikan keluarga Anda baik-baik saja secara finansial sampai saatnya mereka menemukan sumber penghasilannya sendiri.

So, tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tidak memilikinya mengingat kematian adalah suatu hal yang pasti. Kalau Anda belum memiliki asuransi jenis ini, Anda bisa segera membelinya. Salah satu perusahaan asuransi terbaik yang menawarkan asuransi ini adalah Allianz. Allianz menawarkan perlindungan jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun. Bagaimana? Apakah Anda tertarik memilikinya?