Minggu, 25 Agustus 2019

Keuntungan Menggunakan E-Money


Keuntungan Menggunakan E-Money

Saat ini teknologi semakin canggih sehingga segala hal bisa dilakukan dengan metode elektronik. Hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya e-book yang merupakan buku elektronik atau bahkan uang elektronik yang sekarang marak digunakan yang disebut dengan e-money. Alat pembayaran yang satu ini banyak disukai karena dianggap praktis dan mudah digunakan. 

Banyak sekali sebutan untuk uang elektronik ini, seperti Digital Cash, Electronic Cash, Digital Money, atau masih banyak yang lainnya. Meskipun sudah banyak yang menggunakan alat pembayaran ini, tidak sedikit pula yang ragu untuk menggunakannya. Agar tidak ragu lagi, ketahui keuntungan menggunakan e-money.

Keuntungan Menggunakan E-Money

1. Transaksi Cepat

Keuntungan menggunakan e-money yang pertama adalah proses transaksi yang cepat sehingga membuat waktu yang Anda miliki semakin praktis dan efisien. Anda tidak perlu menunggu lama untuk melakukan transaksi pembayaran. Contoh yang paling mudah adalah saat membayar tol yang menjadi lebih cepat.

2. Transaksi Akurat

Selain lebih cepat, melakukan transaksi menggunakan alat pembayaran yang satu ini juga membuat transaksi lebih akurat karena setiap transaksi yang terjadi dikelola oleh mesin dan komputer.

3. Tidak Membawa Uang

Jika tempat yang dituju tersedia alat khusus transaksi e-money, Anda tidak perlu membawa uang tunai, baik itu untuk berbelanja atau transaksi yang lainnya. Bisa dikatakan jika cara ini sangat praktis dan tidak perlu khawatir uang akan hilang.

4. Tidak Perlu Menghitung Kembalian

Berbeda dengan transaksi yang menggunakan uang tunai, menggunakan e-money tidak perlu lama menunggu uang kembalian karena nominal e-money akan berkurang secara otomatis dengan jumlah yang sama seperti jumlah nominal transaksi yang dilakukan.

5. Transaksi Tercatat

Sistem e-money sangat canggih dan aman karena terdapat database yang menyimpan semua transaksi yang dilakukan. Database tersebut akan membantu Anda untuk lebih mudah melakukan pengecekan transaksi yang dilakukan. Dengan kata lain, Anda tidak perlu mengingat semua uang yang sudah dikeluarkan saat digunakan.

6. Menghindari Peredaran Uang Palsu

Uang palsu tentu meresahkan banyak orang karena uang tersebut menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi korban. Selain itu, potensi mendapatkan uang palsu saat melakukan transaksi dengan uang tunai cukup besar, apalagi saat ini kasus uang palsu cukup banyak terjadi. Dengan adanya e-money, peredaran uang palsu bisa dihindari karena transaksi yang digunakan tidak menggunakan uang tunai.

7. Diskon

Keuntungan menggunakan e-money yang selanjutnya adalah adanya diskon atau potongan harga pada produk tertentu. Biasanya ada saja produk yang menawarkan diskon ketika transaksi pembayaran yang dilakukan menggunakan e-money. Diskon yang didapatkan pasti akan sangat menguntungkan karena membuat Anda menjadi lebih berhemat.

8. Cashback

Selain diskon, transaksi dengan e-money biasanya memberikan penawaran cashback sehingga sejumlah e-money yang sudah dibayarkan akan dikembalikan ke akun e-money Anda. Jika sudah begini, maka saldo e-money Anda akan bertambah secara otomatis. Biasanya event cashback banyak dijumpai saat pertama kali membuka akun e-money yang diselenggarakan oleh penerbit e-money.

9. Mencegah Terjerat Tindak Pidana

Kentungan menggunakan e-money yang terakhir adalah mencegah terjerat tindak pidana. Hal ini bukan masalah sepele karena ada pasal yang menyebutkan bahwa membawa uang tunai dengan jumlah yang sangat besar bisa dikenakan denda. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengonversikan uang tunai menjadi e-money terlebih dulu.

Sudah terlihat jika keuntungan menggunakan e-money cukup banyak sehingga tidak perlu ragu lagi untuk menggunakan alat transaksi yang satu ini. Itulah sedikit ulasan tentang keuntungan menggunakan e-money. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar