Kamis, 21 November 2019

Kenali 5 Cara Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Pembedahan


Kenali 5 Cara Mempercepat Proses Pemulihan Pasca Pembedahan

Pasca operasi atau pembedahan terkadang membuat tubuh merasa tidak nyaman. Entah itu karena luka yang belum kering atau hal lainnya. Namun, jika kamu merencanakan pemulihan pasca operasi lebih dini, maka pemulihan kemungkinan akan lebih lancar. Ada banyak hal yang dapat kamu lakukan untuk pemulihan setelah keluar dari rumah sakit maupun klinik perawatan tubuh saat melakukan ultherapy Jakarta.

Cara Mempercepat Proses Pemulihan setelah Pembedahan

Untuk mempercepat pemulihan pasca pembedahan tentunya kamu harus menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari tidur cukup, makanan sehat, pola makan teratur, dan lain sebagainya. Ketiga hal itu membantu kamu memulihkan luka ataupun rasa sakit yang masih terasa. Nah, untuk mengetahui lebih jauh tentang cara mempercepat proses pemulihan pasca pembedahan, yuk simak uraian di bawah ini.

1. Patuhi Petunjuk Dokter Bedah

Secara tidak langsung kamu pasti mematuhi petunjuk dari dokter bedah yang menangani kamu. Namun, terkadang kita melanggar hal-hal kecil yang seharunsya tidak lazim dilakukan. Misalnya saja dokter bedah memberikan instruksi agar tetap berbaring di tempat tidur, namun karena kamu bosan dan memilih beraktivitas ringan. Hal sepeti inilah yang nantinya memperlambat proses pemulihan pasca pembedahan.

2. Minum Obat sesuai Resep

Obat yang disarankan dokter sebaiknya dikonsumsi secara teratur meskipun kamu tidak suka minum obat. Karena obat ini membantu kamu menghilangkan rasa sakit yang dapat mengganggu nafsu makan, tidur, dan mobilitas. Resep obat yang biasanya diberikan pasca operasi terdiri dari antibiotik dan menghindari infeksi. Kamu pasti ingin bebas dari pengobatan tersebut, namun biarkan tubuh kamu sembuh sepenuhnya terlebih dahulu.

3. Rancang Makanan

Asupan gizi setelah ultherapy Jakarta perlu diperhatikan untuk membantu pemulihan secara cepat. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh merupakan bahan bakar, dalam hal ini tubuh kamu membutuhkan banyak bahan bakar setelah proses pembedahan. Coba meminta dokter atau ahli gizi untuk merancang makanan yang sebaiknya kamu konsumsi agar proses penyembuhan dapat berjalan dengan cepat.

4. Berhenti Merokok

Jika kamu seorang perokok sebelum pembedahan dilakukan, maka kamu akan terbebas dari asap roko selama pemulihan. Hal ini dapat kamu jadikan batu loncatan untuk berhenti merokok selamanya. Karena merokok dapat memperpanjang proses pemulihan pasca operasi. Kesehatan tubuh kamu pun akan lebih meningkat jika berhenti merokok, misalnya menghentikan pemicu kanker dan meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Jangan Mengangkat Beban Berat

Benda yang termasuk ke dalam kategori berat ialah benda yang lebih berat dari ketel air. Proses pembedahan membuat tubuh kamu tidak memiliki tenaga yang cukup karena proses pembedahan memakan banyak tenaga. Sebaiknya menunggu instruksi dari dokter kapan kamu bisa memegang benda-benda yang berat meski dirasa sudah pulih. Ketika kamu di rumah pun jangan dulu melakukan aktivitas yang terlalu membahayakan.

Demikianlah cara mempercepat proses pemulihan pasca pembedahan tubuh. Proses operasi yang dimaksud bisa operasi perawatan tubuh seperti coolsculpting Jakarta, operasi melawan penyakit tertentu, ataupun operasi lainnya. Secara umum setelah melakukan operasi sebaiknya istirahat yang cukup, merancang makanan, pola makan teratur, dan tidur yang teratur juga.

Proses pemulihan yang lebih cepat juga tentunya tidak menguras banyak waktu yang seharusnya bermanfaat untuk melakukan aktivitas lain. Kamu juga pasti menginginkan segera beraktivitas bukan? Makanya kamu harus mematuhi perintah dokter seperti konsumsi obat secara teratur dan lebih banyak rebahan agar segera bisa beraktivitas kembali.


0 komentar:

Posting Komentar