Senin, 20 April 2020

Inilah Resiko yang Dialami Ibu Hamil Positif Virus Corona


Inilah Resiko yang Dialami Ibu Hamil Positif Virus Corona

Virus corona dapat menyerang siapa saja baik dari anak-anak hingga orang dewasa. Akan tetapi virus ini akan lebih rentan untuk menyerang orang yang mempunyai kondisi tubuh lebih tidak sehat yaitu yang mempunyai kekebalan tubuh kurang baik dan juga ketika mengalami beberapa masalah kesehatan. Salah satu orang yang akan sangat berbahaya apabila terkena virus ini adalah ibu hamil yang harus sangat sehat selama masa kehamilannya. 

Bagi ibu hamil yang sudah dinyatakan positif menderita corona juga akan mempunyai resiko lainnya yang lebih berbahaya. Sehingga memang ditengah kondisi ini akan lebih bagi Anda agar tidak merencanakan kehamilan selama wabah corona masih belum mereda. Dimana untuk beberapa resiko yang dapat dialami bagi ibu hamil yang sudah positif corona adalah:

1. Mempunyai gejala yang bertambah parah

Resiko pertama yang akan terjadi pada ibu hamil ketika sudah dinyatakan positif corona adalah akan mengalami gejala yang lebih bertambah parah. Gejala virus ini memang seperti dengan penyakit umum lainnya. Akan tetapi apabila mempunyai kondisi imun yang rendah hal tersebut akan sangat berbahaya. Oleh karena itulah ibu hamil yang positif virus ini akan mengalami kondisi gejala yang lebih buruk. Kondisi tersebut akan sama dengan pasien yang menderita penyakit bawaan yang tertular virus ini sehingga akan memerlukan perawatan yang intensif.

2. Kelahiran prematur

Resiko berbahaya selanjutnya yang terjadi apabila terkena virus corona bagi ibu hamil adalah dapat melahirkan secara prematur. Hal ini merupakan salah satu resiko yang dapat terjadi dan kabarnya sendiri masih simpang siur yang belum bisa dipastikan kebenarannya. Akan tetapi melihat keadaan gejala corona yang dialami oleh ibu hamil selama kehamilan yang dapat menjadi lebih parah maka hal tersebut tentu saja akan sangat mempengaruhi kehamilannya. Sehingga hal tersebut juga bisa untuk mempengaruhi kehamilan dan dapat untuk membuat bayi lahir secara prematur.

3. Bayi lahir dengan cacat

Resiko lainnya yang mungkin terjadi bagi ibu hamil adalah dapat mengalami kelahiran dengan bayi yang cacat. Bayi yang lahir cacat bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk juga ketika mengalami kelahiran yang tidak lancar dan juga dapat terjadi karena kekurangan nutrisi yang dibutuhkan. Ketika mengalami sakit gejala corona maka hal tersebut akan membuat kelahiran menjadi terganggu. Hal tersebut juga akan membuat resiko bayi yang lahir cacat ketika ibu tertular corona selama masa kehamilan.

4. Janin terinfeksi

Resiko terakhir yang mungkin terjadi ketika ibu hamil positif corona adalah dapat membuat janin juga terinfeksi. Dimana hal ini pernah terjadi di kota asal corona yaitu berada di Wuhan, Tiongkok. Ada kasus bayi yang sudah positif terinfeksi covid-19 setelah kelahirannya. Bayi yang lahir juga akan lebih mudah untuk tertular virus ini yang dapat terjadi dengan infeksi dari percikan air liur.

Berbagai resiko di atas merupakan hal yang dapat terjadi ketika ibu hamil sudah terinfeksi dengan virus coronaSehingga untuk menghindari hal tersebut maka ada beberapa langkah yang dapat dilakukan seperti dengan memilih tempat melahirkan yang aman hingga juga melakukan konsultasi yang tepat sebelum melahirkan. Anda bisa melakukan konsultasi lewat Halodoc terutama untuk ibu hamil sehingga akan dapat menjaga kesehatan lebih baik. Sedangkan bagi ibu hamil yang juga mempunyai gejala corona juga bisa untuk langsung memeriksakan diri agar mendapatkan saran yang tepat agar kesehatan janin tidak terganggu.


0 komentar:

Posting Komentar